Untuk Hasil Yang Lebih Baik, Dibutuhkan Minimal Kecepatan internet/Bandwith 384kbps. (kirim kritik dan Saran ke Email: nonton.tvonline[at]gmail.com)

Tundukkan Prancis, Afsel Tetap Gagal Lolos

Afrika Selatan mengakhiri laga Grup A dengan kemenangan 2-1 atas juara dunia 1998, Prancis, Selasa (22/6) malam WIB di Free State Stadium, Bloemfontein.

Hasil itu membawa Afrika Selatan setingkat lebih baik dari Prancis di klasemen akhir Grup A dengan meraih poin empat. Ada pun Prancis menduduki dasar klasemen dengan satu angka.

Afrika Selatan tidak lolos ke babak berikutnya karena kalah dalam produktifitas gol dari Meksiko, yang kalah 1-0 dari Uruguay, pemuncak klasemen Grup A.

Jalannya Pertandingan

Prancis mendapat kesempatan pertama untuk unggul di menit ketiga lewat tendangan Andre-Pierre Gignac. Namun bola arah tendangannya masih tepat ke arah kiper. Sundulan Djibril Cisse di menit sembilan juga bernasib sama.

Di menit 20, Bongani Khumalo berhasil membaw Afrika selatan memimpin. Memaksimalkan umpan tendangan sudut Siphiwe Tshabalala, bek Afsel itu menyambut dengan sundulan kepalanya.

Gignac nyaris membalas semenit kemudian dengan tendangan membalik badan, namun bola masih tipis melebar dari gawang Moneeb Josephs.

Di menit 26, petaka bertambah di kubu Prancis, Yoann Gourcuff mendapat kartu merah karena menyikut Macbeth Sibaya.

Kesempatan itu dimaksimalkan Afrika Selatan untuk menambah keunggulan di menit 36 lewat sontekan Katlego Mphela, memaksimalkan blunder pemain belakang Prancis.

Hugo Lloris membuat penyelamatan penting di menit 42 dengan menghentikan sundulan Mphela.

Di babak kedua, Afrika Selatan masih menguasai jalannya pertandingan. Lloris pun dipaksa berjibaku menyelamatkan gawangnya, seperti saat memblok tendangan Bernard Parker di menit 49. Sepakan Mphela beberapa menit kemudian juga hanya menyentuh mistar.

Di menit 69, Prancis bisa memperkecil ketertinggalan lewat aksi Franck Ribery di depan gawang Afrika Selatan. Usai melakukan sprint, dia memberi umpan ke tengah gawang untuk dituntaskan Florent Maluda. Skor berubah menjadi 2-1, masih untuk keunggulan tuan rumah.

Prancis pun terus menekan hingga menit-menit akhir, namun skor tersebut tidak berubah. Prancis pun menduduki posisi paling akhir Grup A dengan hanya mengantungi satu angka, di bawah Afrika Selatan yang mengoleksi empat poin.

Susunan pemain:
Prancis: Lloris, Sagna, Gallas, Squillaci, Clichy, Diaby, Diarra (Govou 82), Ribery, Gourcuff, Gignac (Malouda 46), Cisse (Henry 55)

Afrika Selatan: Josephs, Ngongca (Gaxa 55), Mokoena, Khumalo, Masilela, Pienaar, Kheto, Khuboni (Modise 78), Tshabalala, Parker (Nomvete 68), Mphela

0 komentar:


Share